Pengembangan Instrumen Soal Uraian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Menghadapi abad ke-21 keterampilan berpikir kritis menjadi penting bagi peserta didik. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui strategi dan pembelajaran serta latihan dengan menggunakan soal HOT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA tentang materi sistem ekskresi yang valid dan reliabel. Proses pengembangan penelitian ini terdiri atas tahapan pendahuluan, tahapan perancangan, dan tahapan pengembangan. Hasil penelitian ini adalah dihasilkannya soal keterampilan berpikir kritis materi sistem ekskresi yang indikatornya mengacu kepada inidikator keterampilan berpikir kritis oleh Finken dan Ennis. Instrumen soal keterampilan berpikir kritis materi sistem ekskresi memiliki nilai validitas tinggi dan nilai reliabilitas yang tinggi.