Pengembangan Instrumen Soal Uraian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hafilzdah Hidayati
Fitri Arsih
Heffi Alberida
Helsa Rahmatika

Abstract

Menghadapi abad ke-21 keterampilan berpikir kritis menjadi penting bagi peserta didik. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui strategi dan pembelajaran serta  latihan dengan menggunakan soal HOT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA tentang materi sistem ekskresi yang valid dan reliabel. Proses pengembangan penelitian ini terdiri atas tahapan pendahuluan, tahapan perancangan, dan tahapan pengembangan. Hasil penelitian ini adalah dihasilkannya soal keterampilan berpikir kritis materi sistem ekskresi yang indikatornya mengacu kepada inidikator keterampilan berpikir kritis oleh Finken dan Ennis. Instrumen soal keterampilan berpikir kritis  materi sistem ekskresi memiliki nilai validitas tinggi dan nilai reliabilitas yang tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayati, H., Arsih, F., Alberida, H., & Rahmatika, H. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Uraian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMA. Ruang-Ruang Kelas : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 32-39. https://doi.org/10.24036/rrkjurnal.v3i1.174

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.