Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Ketrampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Biologi Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa pada pelajaran biologi merupakan latarbelakang dari penelitian ini. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sehingga dapat menjadi siswa yang berkualitas merupakan salah satu sasaran dari model pembelajaran problem Based Learning. Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran biologi siswa merupakan tujuan dari literatur review. Studi literatur terhadap beberapa artikel terkait penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah merupakan metode yang digunakan. Telah dikeluarkan beberapa tahun terakhir, dari 20 artikel yang dipakai dalam literature review ini diketahui bahwa rata-rata model Problem Based Learning (PBL) berdampak signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Bahri, A. (2018). Peran PBL Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat, 7(2): 114-124.
Elok, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran Ipa Di Smpn 4 Kepahiang. Jurnal Prosiding Seminar, 1(1): 2-4.
Fitriani, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 7(2): 3-8.
Hariatik, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolocus, 3(1): 245-251.
Hasanah, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran IPA Di SMPN 4 Kepahiang. Prosiding Seminar Nasional Dan Entrepreneurship. 1(1).
Ionita, F. (2020). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Dialog Socrates (Ds )Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2): 46-50.
Janah M.C., W. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1): 2097-2107.
Nukhbatul, B. (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Dengan Bermain Peran (Bp) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5): 190-193. Sahyar, And. Y. (2017). The Effect Of Problem - Based Learning Model (PBL) And Adversity Quotient (AQ) On Problem Solving Ability. American Journal Of Education Research, 5(2): 179-183.
Sahyar, And. Y. (2017). The Effect Of Problem - Based Learning Model (PBL) And Adversity Quotient (AQ) On Problem Solving Ability. American Journal Of Education Research, 5(2): 179-183.
Simatupang. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Journal Biolokus, 3(1): 245-249.
Shishigu AA, Bashu BH. (2017). The Effect Of Problem Based Learning (PBL) Instruction On Students’ Motivation And Problem Solving Skills Of Physics. EURASIA Journal Of Mathematics Science And Technology Education. 13(3): 857-871.
Saputri, D. (2017). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas X MIA SMAN 6 Bandar Lampung. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8(1): 210-215.
Tanjung I. F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Respirasi Tumbuhan Tadris Biologi UIN Sumatera Utara. Journal Biolokus. 2(1): 167-170.
Wulan, P., Hasruddin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Berpikit Kritis Materi Keanekaragaman Hayati Siswa SA Budisatrya Medan. Journal Tabularasa Pps UNIMED. 14(3): 217-224.