Pengaruh Penerapan PJBL dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reski Alma Indah
Rahmadhani Fitri
Muhyiatul Fadilah

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut manusia untuk memiliki berbagai kecakapan hidup. Keterampilan tersebut meliputi pembelajaran dan inovasi yang terdiri dari 4 aspek, yaitu berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi. Namun permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia sampai saat ini adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa masih sangat rendah. Persaingan budaya global, perkembangan teknologi yang pesat di abad 21 dan perkembangan yang maju di abad ini menuntut setiap orang untuk memiliki kecakapan hidup berupa keahlian ilmiah dan teknis. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran biologi untuk mempersiapkan siswa menghadapi keterampilan abad 21. Artikel ini merupakan studi literatur. Tinjauan naratif digunakan sebagai desain penelitian untuk survei literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan data, menganalisis dan membahas data, serta meninjau kesimpulan dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis terhadap 6 artikel di atas mengenai pengaruh penerapan PJBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kreatif siswa pada pelajaran biologi, diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada kelas eksperimen. lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pembelajaran PJBL berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran biologi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Indah, R., Fitri, R., & Fadilah, M. (2022). Pengaruh Penerapan PJBL dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Ruang-Ruang Kelas : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(3), 27-33. https://doi.org/10.24036/rrkjurnal.v2i3.119

References

Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran.Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 1-9.
Alhzizah, F., Jalmo, T., Yolida Pendidikan Biologi dkk., (2019). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Self-effiacacy dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik S6, 7(4), 10-21.
Dywan, A.A., & Airlanda, G.S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basiedu, 4(2), 344-354.
Elvianasti, M., Kartikawati, E., Padang, U. N., & Utara, U. (2022). Research Trends in PjBL (Project Based Learning) at Indonesian Journal of Biology Education.7 (2), 105-119.
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Bioteknologi dengan PjBL Berbasis STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, (5), 7-14.
Fitriyah, A., & Ramadani, S.D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project Based Learning) Terhadap Keterampilan. Journal of Chemistry and Education (JCAE), X (1), 209 – 226.
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta,1-10.
Haviz, M. 2018. Revisiting generic science skills as 21st century skills on biology learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3):355–363.
Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S.R., & Gofur, A. (2022). The Effect of Blended Project–Based Learning Integrated with 21st- century skill on Pre- Service Biology Teachers’ Higher – Order Thingking Skill. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 104-118.
Inovasi, J., & Menengah, P. (2021). SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah.Vol 1.No. 2. Tahun 2021 79. 1(2), 79-87.
Ismail, Bangun, W. A., & Naphiah, S. (2021). Project Based Learning dengan Desain Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),5(2),442-448.
Ismail, R., Retnawati, H., & Imawan, O.R. Model Pembelajaran Project – Based Learning dan Problem Based Learning untuk Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa SMP Raoda Ismail Heri Retnawati Okky Riswandha Imawan. Pena Persada.
Kemendikbud, 2012. Pengembangan Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad Ke-21. (online). http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji- publik-kurikulum-2013-2 (Januari 2016).
Laboy-Rush, D. 2010. Integrated STEM Education Through Project – Based Learning.
Launuru, A., Rumahlatu, D., & Matdoan, M. N. (2021). PjBL – HOTS Learning Model: Its Application and Effect on Cognitive Learning Outcomes, Critical thingking, and Social Attitudes. BIOEDUPAT: Pattimura Journal of Biology and Learning, 1(1), 1-10.
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim, 15(1), 49-65. https://jurnal.upi.edu/file/05_Pembinaan_Akhlak_Mulia_ Manan2.pdf
Nuraida, D. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran.
Purwanti, A., Hujjatusnaini, N., Septiana, dkk. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Blended-Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Students Skill Level Pendahuluan Metode. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 6(3), 235-245.
Putra, H. D. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Conference Paper Universitas Pendidikam Indonesia.
Saepudin, A. (2020). Project Based Learning Implementation to Students Scientific Attitude and Creativity Improvement. Jurnal Mangifera Edu, 5(1), 64-77., 5, 55-63.
Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project Based Learning on Critical Reading Course to Enhance Critical Thingking Skills. Studies in English Language and Education, 8(2), 442-456.
Seftiani, S., Zulyusri, Arsih, F., & Lufri. (2021). Meta- analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 110 -119.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R.I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141.
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model- Model Pembelajaran. 1-58.
Sulisworo, D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning (p.68).
Umar, M.A. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Materi Ekologi. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 1-12.
Winda Marlina, d. D. 2019. 4C Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi IndustriI 4.0. Prosiding Sendika, Vol 5, No 1.
Yuhana Elva, & Ratna Kartika Irawati. (2021). Pengaruh Project Based Learning – STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Pembelajaran Sains Pada Abad 21. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 793-798.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.