Analisis Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Masyithah Imania
Rahmadhani Fitri
Rahmawati Darussyamsu

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Proses pembelajaran saat ini masih menitikberatkan pada guru dan siswa sebagai penerima informasi, dan hanya mendengarkan dan memperhatikan guru, sehingga kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa masih belum maksimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Model yang dapat digunakan adalah Picture dan Picture. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Biologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literature. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji beberapa artikel nasional di Indonesia. Berdasarkan hasil dan pembehasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Imania, M., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Ruang-Ruang Kelas : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(3), 8-16. Retrieved from http://rrkjurnal.ppj.unp.ac.id/index.php/RRKJURNAL/article/view/117

References

Anggun, d. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk mempercepat Penyelesaian Soal-soal Matematis dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (2): 55-59.
Boy Manto, S. I. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Pemahaman Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1): 81-90.
Dahlia. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Picture and Picture Terhadap hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Ilmiah Edu Research, 10 (2): 1-6.
Desy Rahmayani, d. (2018). Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan, 3(5): 74-78.
Fakhri Yacob, d. (2022). Proses Pembelajarann Melalui Kooperatif Tipe Picture an Picture terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biotik , (pp. 60-68). Aceh.
Handayani, N. M. (2017). Model Pembelajaran Picture and Pictu (Yahya, 2017)re Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 176-182.
Hendra Ahmad, R. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 88 Kota Gorontalo. JURNAL ILMIAH UMGo, 7(2).
Mahmudi, F. S. (2018). Kolaborasi Model Mind Mapping dan Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. AXIOMA Jurnal program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 12-27.
Mansur. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil belajar Biologi SMA. Jurnal Eduscience (JES), Vol 9, No 2.
Margaretha M, A. E. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil belajar Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMP.
Mariani Natalia, d. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1. Jurnal Pendidikan, 6 (5): 12-17.
Restu Trinadi asih, N. P. (2022). Profil Guru di Era Society 5.0. Journal of Education, 23(1): 292-302.
Riyono, B. r. (2015). Efektivitas Model pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of biology Education, 4(2): 166-172.
Sulfemi, W. M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah dasar, 4(2), 228.
Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Educational Development, 1(4): 607-620.
Susmariani, N. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1): 230-240.
Tarigan, H. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas XI SMK PP Negeri Saree. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2): 292-302.
Wasreia Sitompul, M. K. (2021). Perbandingan Haisl Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. Jurnal Metabio, 3(1): 12-19.
Wenni Wulandari, d. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Kelas VII SMP Muara Beliti Tahun Pelajaran 2016/2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.