Analisis Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi karena kurangnya inovasi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas, terdapat kesalahan atau kurang tepat dalam memilih strategi dan model pembelajaran, ditambah dengan kurang memadainya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah ini sehingga tidak memfasilitasi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolerasi antara penerapan model pembelajaran RQA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah tinjauan pustaka artinya mencari referensi dan temuan penelitian yang relevan atau sesuai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap kelas yang menggunakan model pembelajaran RQA mempunyai kemampuan berpikir kritis siswa yang lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran RQA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran RQA berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran RQA, kelas yang menerapkan model pembelajaran RQA lebih unggul.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asad, B. (2017). Strategi Problem Based Learning terjadi (PBL) Terintegrasi Reading Questioning and Answering Meningkatkan Retensi Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makasar , 68-17.
Beni, B. Y. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIRQA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Edubiotik , IV (01), 9-15.
Bustami, Y.,& Corebima, A.D. (2017). The Effect of JiRQA Learning Strategy on Critical
Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3), 13-22.
Dwifani Tazkia Mulya, S. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA). Seminar Nasional Biologi Saintek, dan Pembelajaran (SN-Biosper) Tahun 2019 , 379-385.
Fitrianingsih Endang, H. R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Kognitif Siswapada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains , V (1), 150-158.
Maulida Ana, M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati , 5 (3), 99-106.
Mujahidin Ahya, S. E. (2018). Pengaruh Penerapan RQA (Rading Questioning and Answering) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional VI Hayati 2018 , 376-378.
Mulyadi, A. D. (2014). Memberdayakan Kemampuan Berpikir MahasiswaMelalui Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA). Jurnal Biotik , II (1), 33-37.
Mulyadi, D. E. (2018). Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Berdiiskusi melalui Model Pembelajaran Reading Questining and Answering (RQA). Prosiding Seminar Nasional Biotik (711), 710-715.
Murni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI di Kota Banjar Masin. Jurnal Pendidikan Hayati , IV (2), 140-148.
Ramdiah Siti, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kemampuan Akademik Rendah. jurnal Simbiosa , VII (1), 1-8.
Romli Muhammad Hasbi, M. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan. Jurnal Educatio , VIII (1), 77-84.
Sudin, D. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahsan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi , III (1), 1-8.
Winarno, T. M. (2018). Analisis Permasalahn Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasisis Reading Questioning and Aswering (RQA) di SMA. Jurnal Biodik , IV (01), 18-25.