Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem-Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Karakter Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendidikan abad 21 membantu membangun keterampilan intelektual dan meningkatkan karakter peserta didik dalam belajar sehingga mampu memecahkan masalah yang ada. Keaktifan peserta didik di dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memberi pengaruh positif pada hasil belajar mereka karena apabila yang menemukan dan mengolah informasi terkait materi pelajaran tentunya informasi tersebut akan tersimpan lebih lama di ingatannya dibandingkan hanya mendengarkan saja informasi yang disampaikan oleh guru serta membentuk karakter yang lebih baik pada diri peserta didik. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik memiliki intelegensi dan karakter yang baik antara lain dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi upaya untuk meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji literatur (literature review) terhadap hasil belajar HOTS dan karakter peserta didik. Artikel penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa penerapan model PBL meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat tinggi dan karakter peserta didik dimana dilakukan Post-test kepada peserta didik, hasil ujian yang di dapatkan mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibandingkan hasil Pre-test sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL, oleh karena itu penerapan model pembelajaran ini perlu di terapkan di dunia pendidikan guna menghasilkan insan terpelajar dan berakhlak mulia.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.
Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen wali dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10 (2), 237-242.
Bakhri, S., & Supriadi. (2017). Peran Problem-Based Learning (PBL) dalam Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada. SEMINAR UNY.
Deden, D. I., Purwanto, A., Budi, S., Gayatri, A. M., & Hudaya, A. (2021). Problem Based Learning (PBL) in Shaping the Character of Students' Hard Work and Discipline Through Classification of Creatures. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 11(1), 53-63.
Fardiansyah, Hardi, et al. (2022). Manajemen pendidikan (Tinjaun pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama (WBP Bandung).
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui model Pembelajaran problem based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Lutfiah, W., Anisa, A., & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098.
Madang, K., Tibrani, M. M., & Santoso, L. M. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) yang Didukung Agen Pedagogi terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Zoologi Invertebrata. BIODIK, 5(3), 262-272.
Mohammadhasani, N., Fardanesh, H., Hatami, J., Mozayani, N., & Fabio, R. A. (2018). The pedagogical Agent Enhances Mathematics Learning in ADHD Students. Education and Information Technologies, 23(6), 2299-2308.
Nomleni, F. T., & Nubatonis, P. A. (2021). Pengaruh model Pembelajaran problem based learning Berbantuan media couple card terhadap higher order Thingking Skilss Siswa pada IPA Biologi Di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 75.
Okta Pia, N. A., Masnur, M., & Elihami, E. (2021). Pengaruh model Pembelajaran problem based learning Terhadap higher order thinking skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72-89.
Palennari, M. (2018). Problem Based Learning (PBL) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya: Inovasi Pembelajaran Dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi, 599-608.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 81 Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Retnawati, J.H., (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23 (2): 111-123.
Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap higher order thinking skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan media E-learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138.
Sakti, I. (2019). Implementasi model perangkat pembelajaran berorientasi hots (High order thinking skills) Dan pendidikan karakter melalui pbl (Problem based learning) pada mata kuliah fisika dasar. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019 UNJ.
Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan model Pembelajaran problem based learning untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22.
Suratno, S., Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (Pbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots) ditinjau Dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139.
Zubaida, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengasesnya. Seminar Nasional dengan Tema “Tantangan Biologi dan Pendidikan Biologi Abad-21” di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau, 1–25.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 1.
Zulfaidhah, Z., Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Needs Analysis in The Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7th Grade Students’ Science Learning Outcome at SMPN 2 Bongan. BIODIK, 4(1), 48-59.